Selasa, 11 Mei 2010

Ahli Fisika Swiss

Piccard adalah ahli fisika Swiss, penemu Batiskaf, penjelajah stratosfir dan laut dalam, Insinyur,Guru Besar, penemu gondola kedap udara. Doktor lahir di Babel Swiss, pada tanggal 28 Januari 1884 dan meninggal di Lausane Swiss, pada tanggal 24 Maret 1962 pada umur 78 tahun karena serangan jantung

Ayah Auguste Piccard adalah guru besar kimia di Universitas Basel. Pamannya bernama Paul, Insinyur di Geneva, pembuat dan penjual turbin listrik pertama untuk Jeram Niagara. Kakeknya pembua peta. Auguste Piccard lahir kembar bersama Jean Picard. Jean adalah insinyur Aeronautika dan ahli kimia. Auguste Piccard mempunyai anak yang namanya Jacques Piccard, Insinyur Oceanografi, pembuat kapal selam.
Auguste Piccard mendapat gelar insinyur dan doktor dari Institut Teknologi Federal di Zurich. Bersama Einstein ia membuat alat-alat untuk mengukur listrik. Pada umur 29 tahun ia mengejar Fisika di Universitas Zurich. Selama 32 tahun ia jadi guru besar fisika di institut Politeknik Universitas Brussels. Tanggal 27 Mei 1931 bersama Paul Kipter naik balon dan berhasil mencapai ketinggian 15,781 Km. Tahun berikutnya ia mencapai ketinggian 16,940 Km. Nama "Profesor Piccard" jadi termashur di dunia.
Auguste Piccard juga ingin turun ke dalam air. Selama 10 tahun ia membuat Batiskaf, sejenis kapal selam yang dapat turun ke laut dalam. Bulan Agustus 1953, ia bersama anaknya turun ke dalam laut sedalam 3,150 Km, di laut leps pantai Toulon, Prancis dengan Batiskaf bernama Trieste. Batiskaf ini lalu dibeli oleh Angkatan Laut AS. Pada tanggal 23 Januari 1960 dengan Batiskaf itu, ia turun sedalam 10,920 Km, di Palung Mariana di lepas pantai Guam, di Samudra Pasifik.

0 komentar:

Posting Komentar