Rabu, 05 Mei 2010

Manusia Versus Mesin | Makna Kekalahan Gary Kasparov dari Super Komputer Deep Blue

Dunia terkejut saat Gary Kasparov bertekuk lutut di hadapan “sang mesin” yang bernama Deep Blue (IBM) . Pada bulan November 1997 , Deep Blue membalas dendam kekalahan di tahun sebelumnya. Dan firasat saya mengatakan peristiwa ini sama pentingnya dengan mendaratnya manusia di bulan.


Catur dan Humanitas

Tidak ada permainan yang lebih mewakili kekuatan manusia selain catur. Permainan catur mengalun indah diantara trias politica itu. Empiris (Textbook) , Kreatifitas dan Logika. Sama indahnya dengan permainan sepakbola dengan trio Belanda (Dutch Connection) dengan Rijkard – Gullit dan Van Basten. Ketiga kekuatan yang membentuk poros itu menghukum raksasa Sovyet di final Piala Eropa 1988.

Catur diawali dengan pembukaan (opening). Langkah yang sudah menjurus textbook , dan merupakan akumulasi empiris manusia di papan catur. Langkah yang sudah baku , terdiri dari ribuan opening dan varian. Dari sekian banyak opening , yang umum di pakai adalah carokann defense , sicilia defense , queen gambit , english opening , ruy lopez (spanish game) , indian defenses et cetera. Sesudah itu permainan catur memasuki zone tengah , yang menonjolkan kreatifitas untuk mendesak lawan. Dan memasuki zone akhir adalah peranan logika untuk memastikan permainan berakhir dengan kepastian. Para perwira dan bidak sudah berguguran sehingga nasib sang raja mudah untuk di ramalkan.

Manusia Versus Mesin.

Gary Kasparov adalah pemegang ELO rating tertinggi pada saat itu (2851) . Meraih juara dunia Catur dalam usia 22 tahun dan menumbangkan dominasi Karpov dalam pertarungan paling dramatis (melewati 17 kali remis berturut-turut) . Dan juga manusia pertama yang berhasil melewati ELO rating sang jenius Bobby Fischer. Jadi , Gary Kasparov adalah manusia yang paling pantas mewakili manusia melawan mesin super. Martabat manusia di pertaruhkan pada saat ini. Gary Kasparov memiliki 100 milyar saraf otak dan kalkulasi 2 langkah perdetik.

Lawannya adalah Deep Blue , berhasil di kalahkan dikalahkan Kasparov di tahun sebelumnya dengan skor 4-2. Kini datang dengan kekuatan dua kali lipat . IMB menyuntikkan 256 coprocessor paralel dengan total kecepatan 11.4 GigaFlops dan masuk jajaran Top500 superkomputer dunia pada tahun 1997. Dengan kekuatan superkomputer ini , Deep Blue mampu mengkalkulasi 200 juta langkah perdetik.

Hasilnya Deep Blue membalas dendam kekalahan tahun sebelumnya. Di game ke 6 , Kasparov memegang bidak hitam menyerah dalam “partai mini ” (kekalahan dalam belasan langkah saja) . Sungguh hal yang memalukan reputasi sang juara dunia tersebut.

Deep Blue menjadi mesin pertama yang mampu mengalahkan kecerdasan sang Juara Dunia.

Makna Kekalahan Gary Kasparov.

1. Kekalahan Kasparov ini di nilai sama pentingnya dengan peristiwa mendaratnya manusia ke bulan. Merupakan tonggak sejarah di mana kemungkinan artificial intelligence menggantikan manusia di masa mendatang.

2. Pentingnya pengalaman empiris bagi manusia. Betapapun cerdasnya manusia , dalam suatu peperangan seni perang menjadi sangat penting. Apalagi yang di hadapi adalah Mesin. Gary Kasparov memprotes dan menuntut IBM agar menyediakan data pertandingan ujicoba yang pernah di jalani Deep Blue .

3. Mesin tidak mengenal rasa takut , berani , gentar dan lain sebagainya . Sementara Kasparov mengalami tekanan psikis yang manusiawi , kelelahan , takut kalah , takut reputasinya rusak.

4. Kasparov menuntut rematch dan tidak di kabulkan IBM yang segera menutup projectnya ini. Deep Blue selain di tujukan untuk menantang Garry Kasparov , juga di tujukan untuk penelitian ilmiah seperti perilaku cuaca yang sama kompleksnya dengan manusia. Kemenangan Deep Blue ini mendorong naiknya.

5. Kasparov juga menuduh IBM melakukan kecurangan dengan intervensi grandmaster lain di belakang mesin itu. Kasparov meminta printout log pertandingan itu yang di tolak IBM , tapi kemudian di publikasikan. Salah satu log nya adalah game ke 6.

6. Grand Master Wanita seperti Sasa Polgar menantang Deep Blue untuk menjajal intuisi wanita yang kemudian di tolak juga oleh IBM. Sasa Polgar adalah saudara dari Judith Polgar . Judith Polgar sendiri adalah satu-satunya wanita yang sejajar dengan Grand Master Dunia yang umumnya adalah pria. Catur dan Wanita adalah dunia yang unik untuk di amati. Karena selain Judith Polgar jarang sekali pecatur wanita sanggup mengimbangi Grand Master seperti Anand , Kasparov dan lain lain.


Sumber : http://bentara.asia/?p=438 

0 komentar:

Posting Komentar