Kamis, 06 Mei 2010

Matahari Kita Akan Padam


]Akhir" ini di beberapa media mengatakan bahwa matahari mulai memanas. Namun, di artikel ini mengatakan Matahari bisa padam. Hmm..

Matahari kita ini termasuk anggota keluarga rasi bintang Bima Sakti. Kehadiran bintang di dunia ini mirip manusia. Ia melalui suatu proses kelahiran,tumbuh,menjadi tua dan kemudian mati. Jadi, matahari kita pun akan mati.

Menurut para ahli perbintangan, matahari kini berusia 5 juta tahun. Ia lahir dari bentuk gumpalan awan yang sangat panas dan mengandung gas. Gumpalan awan itu berputar pada porosnya. Makin lama putarannya semakin cepat, membuat ia semakin panas dan padat. Proses pemadatan matahari kita ini berlangsung selama 500.000 tahun
Selanjutnya, gumpalan padat yang panas itu menyala, mengeluarkan sinar bewarna kuning. Gumpalan asap ini berubah bentuk menjadi sebuah bola api yang bergaris tengah 1 juta mil. Inilah matahari kita

Pada usianya yang 5 juta tahun ini, bahan bakar gas yang terdapat pada matahari itu mulai berkurang. Akibatnya sinar matahari mulai pudar. Suhunya pun berkurang. Bola matahari akan mengembang semakin lebar dan akan menghancurkan planet-planet lain seperti Mercury,Venus, dan bumi kita. Pengembangan baru berhenti setelah bola matahari mendekati planet Mars.

Ketika matahari mengembang, warnanya pun akan berubah. Tidak bercahaya kuning melainkan merah. Bola raksasa berwarna merah ini panasnya akan jauh berkurang. Proses perubahan matahari ini akan memakan waktu selama 20-25 juta tahun. Saat matahari berumur 30 juta tahun, ia akan sakit-sakitan. Yang semula berwarna merah menyala, akan berganti menjadi merah pudar. Matahari itu bagaikan sebuah balon yang semakin kempis. Akhirnya ia berubah menjadi bintang kecil bewarna putih, yang dinamakan oleh para ahli sebagai Si Kerdil Putih. Bintang kecil ini memang padat. Namun bobotnya semakin berkurang hingga sampai tinggal satu ton saja.
Si Kerdil Putih akan semakin dingin. Kemudian dingin sekali, dan matahari kita tinggal menjadi gumpalan abu yang disebut Si Kerdil Hitam. Maka saat itulah yang dianggap akhir riwayat hidup matahari kita.
Kematian matahari, kita tak dapat disaksikan. Saat itu kita semua telah pergi jauh ke alam asing, yaitu alam baka. Mari kita tunggu peristiwa alam yang dahsyat ini. Kabarnya, gerhana matahari total itu akan dapat dilihat secara jelas dari pulau Bangka. Para ahli tengah sibuk mempersiapkan kejadian ini.

0 komentar:

Posting Komentar